10 Ciri Sisik Kaki Ayam Bangkok

    Nenek moyang sesama pehobi ayam di masa silam telah mewariskan banyak ilmu. Terkait dengan dunia ayam bangkok misalnya, mereka telah mewariskan ilmu katuranggan yang bisa kita gunakan untuk memprediksi kemampuan ayam bangkok dalam bertarung. Meski terbilang metode tradisional, bukan berarti ilmu katuranggan ayam bangkok harus kita tinggalkan. Justru ilmu inilah yang harus kita berdayakan sehingga tidak punah dimakan zaman. Sisik Kaki Ayam Bangkok Ilmu katuranggan membahas tentang banyak hal yang menjadi ciri ayam bangkok berkualitas. Salah satu yang dibahas misalnya tentang sisik kaki. Dalam ilmu ini, sisik kaki dipercaya bisa menggambarkan bagaimana kekuatan pukulan dari ayam bangkok tersebut. Berikut ini ada 10 jenis sisik kaki ayam bangkok yang ada dalam katuranggan Jawa lengkap dengan gambar dan keunggulannya masing-masing. 

     1. Sisik Batu Lapak Ayam dengan katuranggan sisik batu lapak dipercaya akan memiliki pukulan yang dapat menghilangkan tenaga lawannya. Jika pukulan ayam tersebut tepat mengenai leher atau kepala ayam lawan, maka dapat dipastikan si ayam lawan akan limbung dan lemas. Ciri ayam dengan katuranggan ini adalah adanya sisik yang tersusun rapi pada telapak kakinya. 2. Sisik Batu Rantai Pukulan ayam bangkok dengan katuranggan sisik batu rantai dipercaya akan terasa panas, keras dan menyakitkan bagi lawannya. Kendati demikian, ayam dengan sisik semacam ini berdasarkan pengalaman umumnya akan mudah mengalami turun urat. Katuranggan ayam batu rantai dicirikan dengan adanya sisik di bawah jari-jarinya. 3. Sisik Naga Temurun Ciri ayam bangkok dengan katuranggan sisik naga temurun dicirikan dengan sisik kaki bagian belakang yang menghadap ke bawah. Ayam dengan susunan sisik demikian umumnya memiliki pukulan yang sangat membahayakan, keras, dan mematikan. Bahkan dipercaya pukulan ayam bangkok dengan sisik naga temurun jika mengenai tulang lawan, dapat menyebabkan tulang tersebut remuk di bagian dalam. 4. Sisik Naga Banda Susunan sisik kaki ayam naga banda terlihat menyerupai sisik kulit buah salak. Biasa pula sisik katuranggan ini disebut dengan nama beras wutah atau tabur beras. Pukulan ayam dengan sisik naga banda dipercaya mempunyai tuah dan dapat membuat ayam lawan lari tunggang langgang meski pertandingan baru berjalan beberapa detik. 5. Sisik Naga Mangsa Keunikan sekaligus ciri khas dari ayam dengan katuranggan sisik naga mangsa atau ubed jalu ini adalah adanya ubed yang melingkar di bagian pergelangan kakinya sehingga menyerupai gelang. Sangat jarang kita dapat menemukan ayam dengan sisik semacam ini. Pukulan dari ayam naga mangsa akan mampu melumpuhkan lawan dalam waktu yang sangat singkat. 

    2. Sisik Batu Rantai Pukulan ayam bangkok dengan katuranggan sisik batu rantai dipercaya akan terasa panas, keras dan menyakitkan bagi lawannya. Kendati demikian, ayam dengan sisik semacam ini berdasarkan pengalaman umumnya akan mudah mengalami turun urat. Katuranggan ayam batu rantai dicirikan dengan adanya sisik di bawah jari-jarinya. 3. Sisik Naga Temurun Ciri ayam bangkok dengan katuranggan sisik naga temurun dicirikan dengan sisik kaki bagian belakang yang menghadap ke bawah. Ayam dengan susunan sisik demikian umumnya memiliki pukulan yang sangat membahayakan, keras, dan mematikan. Bahkan dipercaya pukulan ayam bangkok dengan sisik naga temurun jika mengenai tulang lawan, dapat menyebabkan tulang tersebut remuk di bagian dalam. 4. Sisik Naga Banda Susunan sisik kaki ayam naga banda terlihat menyerupai sisik kulit buah salak. Biasa pula sisik katuranggan ini disebut dengan nama beras wutah atau tabur beras. Pukulan ayam dengan sisik naga banda dipercaya mempunyai tuah dan dapat membuat ayam lawan lari tunggang langgang meski pertandingan baru berjalan beberapa detik. 5. Sisik Naga Mangsa Keunikan sekaligus ciri khas dari ayam dengan katuranggan sisik naga mangsa atau ubed jalu ini adalah adanya ubed yang melingkar di bagian pergelangan kakinya sehingga menyerupai gelang. Sangat jarang kita dapat menemukan ayam dengan sisik semacam ini. Pukulan dari ayam naga mangsa akan mampu melumpuhkan lawan dalam waktu yang sangat singkat.

    3. Sisik Naga Temurun Ciri ayam bangkok dengan katuranggan sisik naga temurun dicirikan dengan sisik kaki bagian belakang yang menghadap ke bawah. Ayam dengan susunan sisik demikian umumnya memiliki pukulan yang sangat membahayakan, keras, dan mematikan. Bahkan dipercaya pukulan ayam bangkok dengan sisik naga temurun jika mengenai tulang lawan, dapat menyebabkan tulang tersebut remuk di bagian dalam. 

    4. Sisik Naga Banda Susunan sisik kaki ayam naga banda terlihat menyerupai sisik kulit buah salak. Biasa pula sisik katuranggan ini disebut dengan nama beras wutah atau tabur beras. Pukulan ayam dengan sisik naga banda dipercaya mempunyai tuah dan dapat membuat ayam lawan lari tunggang langgang meski pertandingan baru berjalan beberapa detik.

    5. Sisik Naga Mangsa Keunikan sekaligus ciri khas dari ayam dengan katuranggan sisik naga mangsa atau ubed jalu ini adalah adanya ubed yang melingkar di bagian pergelangan kakinya sehingga menyerupai gelang. Sangat jarang kita dapat menemukan ayam dengan sisik semacam ini. Pukulan dari ayam naga mangsa akan mampu melumpuhkan lawan dalam waktu yang sangat singkat.